8

Setiap tradisi kelahiran selalu dirayakan. Perhtungan Masehi perayaan kelahiran dirayakan setiap setahun sekali. "Ulang Tahun". Demikian mereka menyebut. Walau yang terulang adalah tanggal dan bulan kelahiran seseorang.

Dalam tradisi Bali perayaan "Ulang Tahun" dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Jadi,dalam setahun kalender Masehi dua kali merayakan hari kelahiran. Kalau istilah Bali disebut Oton  atau mesambutan.

Delapan tahun penanggalan masehi Pandya hadir ke dunia.Lahir dengan selamat sentosa. Tiga orang menyaksikan kelahiranmu. Aku,ibumu dan bidan desa. Lahir normal. Berbeda dengan kakak yang lahir sore hari dengan banyak sporter. 

 Sejak lahir sampai kuliah, aku tak pernah merayakan hari "Ulang Tahun"  Saat kuliah hanya kejutan kecil,tak tetap tiap tahun. Bahkan ucapan orang lainpun jarang. Biasa saja. Dari lahir sampai sekarang yang sering dirayakan adalah Oton. Ibu tak pernah melewatkan 'Oton"ku dengan biasa. Selalu ada acara sederhana.

Ajik,sebelum Pandya lahir,Pandya apa ?

Orang yang terlahir kembali apakah orang yang sama?

"Bukan sama,namun,bukan berbeda"

"Seperti halnya susu yang pertama berbuah berupa dadih ,lalu menjadi mentega dan kemudian menjadi ghee.Tidak benar apabila dadih,mentega dan ghee itu susu,tetapi semua itu berasal dari susu. Begitu juga tidaklah benar jika dadih mentega dan ghee itu sesuatu yang bukan susu.

Baiklah.Selamat merayakan harimu. Semoga selalu berbahagia. Aku ikut bergembira.



*Tulisan Telat

Komentar

Postingan Populer