Ada Penderitaan

Di desa hiduplah seorang petani sederhana. Petani ini kegiatan sehari-harinya bertani. Ia memiliki sepetak tanah. Sekarang musim mengolah tanah.

Petani ini memiliki sakit. Sakit kusta di kaki kirinya. Ini membuat kaki yang sakit mati rasa. Ia mengabaikannya. Rumahnya terpencil. Jauh dari akses kesehtan,puskesmas.

Suatu hari petani ini mengolah tanah. Menggemburkan tanah,mengolah agar bisa ditanami tanaman yang produktif. Sampai di rumah sudah sore.

Seperti biasa ia meletakkan cangkul pada pojok rumah. Membuka pakaian yang kotor,bergegas mandi. Ia tampak terlejut. Melihat ada darah bercecer di lantai. Iapun memperhatikan darimana asal darah itu. Darah itu ternyata berasal dari kaki kirinya. Ada benda asing menancap pada kakinya. Namun,ia tak merasa sakit. Mati rasa. Darah banyak keluar. Iapun merasa pusing. Untung saat itu ada tetangga yang melihatnya sedang membersihkan darah pada kakinya.

Petani itupun dilarikan ke pusat kesehatan terdekat agar mendapat pertolongan. Syukurlah,nyawanya selamat.

Tubuh bisa mengalami sakit. Reaksi sakit tak selalu berakibat penderitaan. Hidup ini penderitaan? Bukan. Dalam hidup ada penderitaan.

Apakah penderitaan berguna?

Jika petani itu merasakan sakit saat pertama terluka,tentu tidak banyak darah yang keluar. Mencegah kefatalan. Sakit ada karena ada disharmani. Ada yang terganggu. Sakit berguna. Sakit membuat kita cepat bertindak. Tak merasakan sakit artinya berbahaya.

Seperti halnya fisik,apakah sakit psikologis itu perlu?

Penderitaan psikologis berfungsi sebagai sinyal bahwa ada sesuatu yang tak beres dengan batin. Penderitaan adalah goncangan batin yang merasa aman.

Secara psikologis kita merasa aman,karena memiliki uang dalam jumlah tertentu sekaligus merasa takut akan masa depan. Merasa bahagia memiliki sahabat,pasangan hidup sekaligus takut kehilangan mereka.

Batin yang tertidur adalah batin yang merasa aman hidup dalam keterkondisian. Kalau kondisi -kondisi itu terganggu,maka iapun terguncang,menderita.

Sebenarnya kita hidup dalam penderitaan. Kebanyakan orang menganggap hidup seperti itu kebahgiaan.

Penderitaan berguna agar batin bangun. Dan sadar bahwa penderitaan tak berguna.



#dirumahaja
#covid19 #corona#virus
#pagi
#menulisitubaik
#membacaituasyik

Komentar

Postingan Populer