Cinta Dalam Gelas

 

Cinta Dalam Gelas adalah novel kedua dari "Padang Bulan"Karya Pak Cik Andrea Hirata.Cerita perjalanan nasib Enong alias Maryamah yang berasal dari family yang sederhana. Maryamah yang menyentuh bidak catur saja belum pernah, mesti mengungguli juara catur sekitar dua tahunberturut-turut yang sekaligus pun mantan suaminya. Namun, lebih dari tersebut Maryamah dapat menjadi kendala berat untuk dapat menyebur ke dalam pertandingan penuhharkat untuk kaum pria ini.

Memotret kebiasaan masyarakat Melayu. Ngopi di warung kopi,ngomongin pemerintah dan berlama-lama bermain catur. 

Seperti halnya penambang timas yang merupakan profesi lelaki ,Enong menjadi pelopor perempuan pendulang timah. Juga Enong pelopor pemain catur perempuan. Tentu saja banyak penolakan. Hingga ia bermain catur pakai burka. Banyak kejadian kocak. Adegan permainan  catur yang seru. Bagimana Enong belajar mati-matian bermain caur. Belajar online dengan Granmaster catur dunia .Bertarung dengan mantan suami Enong.

Disini juga sesuatu yang hilang yang tidak ada di novel "Maryamah Karpov". Bagaimana ia mendapat gelar "Maryamah Karpov"

 ...

"Jika kuseduhkan kopi,ayahmu menghirupnya pelan-pelan lalu tersenyum padaku"

Meski tak terkatakan ,anak-anaknya tahu bahwa senyum itu adalah ucapan saling berterima kasih antara ayah dan ibu mereka untuk kasih sayang yang balas-membalas,dan kopi itu adalah cinta di dalam gelas

(hal.11)

Komentar

Postingan Populer