Kata-kata Mutiara tentang Memaafkan

Maaf merupakan ungkapan penyesalan atas kesalahan yang telah dibuat kepada orang lain serta permintaan agar kesalahan tersebut dihapus atau dilupakan oleh orang yang telah disakiti sebagai ungkapan penyesalan atas kesalahan yang telah dilakukan.

Tentunya, setiap manusia pernah melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja. Bahkan, selain antara keluarga, teman, atau orang lainnya, manusia juga sering melakukan kesalahan terhadap Tuhannya. Meskipun kebanyakan manusia lebih sering melakukan kesahalann kepada Tuhannya, meminta maaf kepada yang di atas jauh lebih mudah daripada meminta maaf kepada teman, atau sesama manusia.

Sebagai manusia, terkadang sulit memaafkan kesalahan orang lain terutama kesalahan yang besar. Akan tetapi, sebagai manusia pula sudah menjadi kewajiban kita untuk memaafkan sesama. Apabila kamu bisa memaafkan kesalahan orang lain dan menghapus rasa dendam yang ada di hati, maka hidup ini akan lebih damai dan bebas dari permusuhan dan pikiran negatif.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kutipan kata-kata mutiara tentang memaafkan yang bisa memberikan inspirasi:

Sulit memaafkan karena kebekuan

“Karena hanya kebekuan yang susah memaafkan.” – Sujiwo Tejo

Memaafkan merupakan bagian dari cinta yang tulus

“Cinta adalah memaafkan, menerima, berjalan terus, merangkul, dan meliputi segalanya. Dan jika Anda tidak dapat melakukan itu untuk diri sendiri, Anda tidak dapat melakukannya dengan orang lain.” – Steve Maraboli


Jika kamu punya cinta, jagalah dia dengan setulus hati. Perasaan sayang tidaklah cukup tanpa adanya rasa saling memaafkan dan menerima apa adanya. Jika sepasang kekasih mampu memaafkan kesalahan pasangannya, maka hubungan tersebut dapat berjalan dengan harmonis dan mungkin sampai ajal memisahkan. Sungguh besar kekuatan memaafkan.

Balas rasa sakit dengan memaafkan

“Memaafkan ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat.” – Abdul Malik bin Marwan


Orang bijak akan membalas rasa sakit yang dideritanya akibat perbuatan orang lain dengan memaafkan kesalahannya. Tak perlu kita membalas kejahatan dengan kejahatan. Cukup dengan maafkan segala kesalahannya dan lupakan kesalahan yang telah dia perbuat, walaupun sering sulit dilakukan. Percayalah, sesungguhnya hal ini akan memberikan ketenangan dan ketentraman hati sehingga kamu bisa merasakan bahagia tanpa beban akibat dendam membara.

Memaafkan dan mempercayainya kembali

“Memaafkan memang mudah, yang susah itu mempercayai kembali” – Kang Maman (Maman Suherman)

Memaafkan bisa mengubah masa depan

“Ketika anda memaafkan, Anda sama sekali tidak merubah masa lalu tetapi Anda yakin bisa merubah masa depan.” – Bernard 


Memaafkan untuk bisa menikmati kebaikan-kebaikan besar

“Laki-laki yang tidak memaafkan wanita untuk kesalahan kecilnya, tak akan dapat menikmati kebaikan – kebaikannya yang besar.” – Khalili Gibran

Bentuk akhir dari cinta

Memaafkan adalah buntuk akhir dari cinta.” – Reinhold Niebuhr


Sebenarnya, memaafkan merupakan bentuk akhir dari cinta. Orang yang memiliki cinta kasih tulus akan mampu memaafkan kekasihnya ketika dia berbuat kesalahan. Meskipun hal ini tidak mudah dilakukan, tapi karena rasa besarnya cinta di hati, memaafkan bisa dilakukan dengan ikhlas.

Menang dengan memaafkan

“Memaafkan adalah kemenangan terbaik.” – Ali bin Abi Thalib

Memaafkan merupakan suatu perbuatan mulia

“Memaafkan adalah suatu kebajikan yang berani.” – Indira Gandhi


Tidak semua orang bisa memaafkan atas kesalahan orang lain. Oleh karena itu, orang yang bisa memaafkan orang lain termasuk orang yang kuat dan berani. Ingatlah bahwa memaafkan tidak berarti kalah. Justru ini merupakan hal mulia karena dengan memaafkan maka tali silaturahmi dapat terjalin kembali.

Memaafkan merupakan sifat orang perkasa

“Orang lemah tidak pernah bisa memaafkan. memaafkan adalah sifat orang perkasa.” – Adolf Hitler


Meskipun terkenal sangat kejam dan bengis, Adolf Hitler memiliki ungkapan kata kata hikmah memaafkan yang cukup bijak. Tidak banyak orang yang bisa memaafkan kesalahan orang lain dengan mudah. Hal ini karena memang memaafkan ialah sifat orang besar atau orang yang disebut perkasa. Sekarang saatnya kamu memilih ingin memiliki sifat orang perkasa dengan memaafkan, atau memilih tidak memaafkan sebagai bentuk sifat orang lemah.

Memaafkan merupakan pembalasan terbaik

“Tak perlu bersusah payah untuk membalas dendam, cukup maafkan setiap kesalahan. Karena memaafkan adalah pembalasan yang terbaik.” – Nazril 

Raih kebahagiaan dengan memaafkan diri sendiri

“Betapa tidak bahagianya dia yang tidak bisa memaafkan dirinya sendiri.” – Publilius Syrus


Ya, itu juga yang sering dirasakan setiap orang. Jika kamu ingin merasa bahagia, kamu harus bisa memaafkan dirimu sendiri. Sering orang melakukan kesalahan sehingga dia tidak bisa memaafkan dirinya sendiri. Hal ini keliru. Yang sebaiknya kamu lakukan ialah dengan memaafkan diri sendiri dan berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama serta melakukan hal yang lebih baik lagi.

Memaafkan tanpa batas akhir

“Cinta adalah tindakan memaafkan tanpa batas akhir, sebuah tatapan lembut yang menjadi kebiasaan.” – Peter Ustinov

Cinta itu mengerti, merasakan dan memaafkan

“Cinta bukan bagaimana Anda mendengar tetapi bagaimana Anda mengerti, bukan apa yang Anda lihat tetapi apa yang Anda rasakan, bukan bagaimana melupakan tetapi bagaimana Anda memaafkan.” – James Stephens


Tahukah kamu makna cinta yang sesungguhnya? Cinta yang sesungguhnya ialah tentang mengerti, merasakan dan memaafkan. Mengerti tentang apa yang sedang dialami oleh pasangan, ikut merasakan apa yang dirasakan oleh pasangan dan memaafkan ketika sang pujaan hati melakukan kesalahan.

Cinta itu memberi, menerima dan memaafkan

“Denganmu, cinta menjadi sangat sederhana. Cinta adalah memberi, menerima, dan memaafkan. Aku bukan malaikat, aku lelaki brengsek yang pernah menyia-nyiakanmu. Tapi aku tahu aku tidak akan meninggalkanmu hanya karena kau terlalu baik untukku. Aku akan selalu bersamamu, dan terus belajar mencintaimu, agar aku bisa sebaik kau.” – Tia Widiana

Butuh kekuatan besar untuk memaafkan dari hati

“Dibutuhkan sebuah kekuatan karakter yang mumpuni untuk memaafkan dari hati ketimbang memaafkan karena kasihan. Seseorang harus mengetahui dirinya dan merasakan adanya rasa aman yang mendalam di dalam prinsip-prinsip dasar dalam dirinya untuk benar-benar memaafkan.” – Stephen Covey

Hati tenang dan bahagia dengan memaafkan, bersyukur dan meningkatkan diri

“Galau akan berlalu ketika kita fokus memaafkan, bersyukur, dan meningkatkan diri!” – Tung Dasem Waringin


Masih saja bergalau ria? Sesungguhnya galau bisa dihilangkan dengan selalu memaafkan kesalahan orang lain, bersyukur atas apa yang telah kita miliki dan selalu berusaha meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi.

Wanita bisa memaafkan dengan mudah namun sulit melupakannya

“Hati perempuan bisa memaafkan tapi tidak melupakan apa yang pernah singgah di pedalaman hatinya. Kalau tidak serius jangan main-main.“ – Ahmad Fuadi

Bahagia dengan memaafkan 

“Untuk menjadi bahagia sebenarnya sangat mudah jika kita mau memaafkan diri kita sendiri, memaafkan orang lain dan hidup dengan rasa syukur.”– Joseph Fort Newton


Kunci kebahagiaan ialah dengan memaafkan. Meskipun hal ini tidak mudah dilakukan, namun yakinlah bahwa kamu bisa melakukannya dengan baik asalkan ada niat. Jika kamu sudah bisa memaafkan diri sendiri, orang lain dan hidup penuh rasa syukur, kamu akan merasakan kebahagiaan di dunia ini.

Memaafkan bisa mendatangkan kegembiraan

“Kalau kita menolak memaafkan, kita sendiri yang menderita. Biasanya orang yang ‘bersalah’ tetap dengan gembira menjalani hidup sedangkan kita mengalami penderitaan batin yang berat.” – Windhy 

Jangan ungkit-ungkit kesalahan yang telah lalu

“Kalau wanita sudah memaafkan kekasihnya, dia tidak boleh mengungkit-ungkit kesalahannya.” – Marlene Dietrich


Makna memaafkan ialah mengampuni kesalahan orang lain dengan ikhlas dan melupakan segala perbuatan yang telah ia perbuat. Tentunya, memaafkan harus dari hati bukan hanya di lisan saja. Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa ketika sudah memaafkan kesalahan orang lain, jangan pernah ungkit kesalahannya kembali.

Cinta memaafkan kesalahan apapun

“Karena cinta memaafkan segalanya. Kurang dan keliru.” – Robin Wijaya


Mungkin ini tidak bisa diakal sehat. Ketika ada seseorang yang bisa memaafkan kesalahan fatal yang telah diperbuat oleh pasanganmu, mungkin kamu berpikir bahwa itu tidak masuk akal. Namun, inilah faktanya bahwa cinta bisa memaafkan segala hal baik kesalahan kecil maupun besar, kesalahan yang tidak disengaja maupun yang disengaja. Inilah bukti kekuatan cinta yang sesungguhnya.

Memaafkan dan melupakan

“Kau selalu bisa memaafkan tanpa melupakan, tapi kau tidak akan bisa benar-benar melupakan tanpa memaafkan.” – Amanda Adriani


Kesempurnaan hidup ialah ketika kamu bisa memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain. Meskipun ketika memaafkan kamu tidak bisa serta merta melupakan kesalahan yang telah diperbuat, dengan berjalannya waktu kamu bisa berusaha melupakannya. Namun, kamu tak akan pernah bisa melupakan kesalahan orang lain saat kamu tidak membuka pintu maaf untuk orang yang telah bersalah kepadamu. Jika hal ini dibiarkan maka kamu akan menderita dalam menjalani kehidupan karena hati dipenuhi perasaan dendam sehingga membuat tidak tenang.

Memaafkan dengan hati yang ikhlas

“Lisan saja tidak cukup untuk memberi maaf. Perlu hati juga untuk memaafkan. Sehingga tulus adanya.” – Jefri Al Buchori


Tentunya, makna memaafkan bukanlah hanya kata-kata yang keluar dari mulut saja. Kamu harus mengikursertakan hati untuk bisa ikhlas memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain. Inilah yang dinamakan dengan ketulusan.

Demikianlah kumpulan kata- kata mutiara tentang memaafkan. Semoga kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk bisa terus berjiwa besar memaafkan kesalahan yang telah diperbuat oleh orang lain.


*sumber:google

Komentar

Postingan Populer