Menikahlah tiga kali

"Pernikahan adalah ibadah",kalimat tersebut memang benar adanya.Disana terkandung nilai-nilai luhur sebagai kemanusiaan.Naluri alamiah untuk menikah,berpasangan.Merupakan salah satu bentuk puja.Secara naluri kita ingin berbagi kebahagiaan dengan orang lain,bersama pasangan.Merasakan kerinduan.Penyatuan.

Dalam ajaran Catur Asrama ,pernikahan disebut dengan istilah 'Grhasta Asrama".Catur asrama merupakan empat jenjang dalam kehidupan.Brahmachari Asrama,Grhasta Asrama,Wanaprasta Asrama dan Sanyasa Asrama.

Bahkan menurut saya pusat dari catur asrama berada pada Grhasta Asrama.Di tahapan ini pertemuan antara duniawi dan spiritual.Tidak mengabaikan spirit,tujuan hidup serta tidak menyangkal duniawi.Karena kita masih hidup di alam material.Masih perlu makan ,minum dan sebagainya.Semakin tinggi jenjang pendidikan ,ujian semakin kompleks.Semakin naik jenjang kegidupan tantangan semakin rumit.

Menikahlah sebanyak tiga kali.
Menikahlah secara tubuh,penyatuan dua jasmani.Dua insan harmoni menghasilkan surga dunia.

Menikahlah secara pikiran,ini lebih banyak tantangan.Karena berhadapan dengan ego masing-masing.

Dan terakhir menikahlah secara jiwa,ketika sampai disini sungguh sangat beruntung.Jauh lebih sulit lagi sebab diawali dengan menundukkan harga diri.

Mereka yang menikah tiga kali akan mencapai penyaluran belahan jiwa.Menikmati rasa dan kebahagiaan semesta.

💑💏💓

Komentar

  1. Menikahlah berkali-kali... selama kamu masih laku dan mampu... 😀😀😀 just kidding

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer