Workshop bersama Anand Krisna

Semoga bermanfaat.
Semoga kita senantiasa mendapatkan berkah-Nya.

Ini adalah kali kedua bisa bertemu kembali bersama Swami Anand Krisna.Pertemuan berlangsung di Singaraja ,Gedung ketoet Poejda(eks pelabuhan Buleleng).

Malam sebelumnya Wilayah Singaraja dilanda banjir yang cukup parah.Saat pagi melintasi menuju tempat pertemuan,jalan-jalan masih tersisa bekas lumpur.Alat berat dikerahkan,masyarakat membersihkan sisa banjir semalam.

Sampai di tempat workshop,seperti biasa sudah ramai peserta.Setelah registrasi lalu mengambil bonus buku "Sindhu Samskrit" karya Anand Krisna.Wow😄.Kemudian memasuki ruangan workshop yang nyaman.Aku mengambil duduk cukup di depan,tentu saja agar aku bisa menyaksikan Swamiji lebih dekat.

Adapun point-point yang disampaikan Swami Anand Krisna akan ditulis ulang.Tentu saja sesuai daya ingat dan kemampuan pemahaman saya.Mohon berkenan ijin kepada Swamiji.Om Saraswati ya namah swaha.🙏

1.Perdaban Sindhu yang baru-baru ini dinyatakan sebagai perdaban tertua-lebih tua dari Mesir dan Mesopotamia adalah induk dari berbagai macam kepercayaan,budaya,dan adat istiadat unggulan dari Iran hingga sebagian dari Filipina.

2.Kepulauan Nusantara berada dalam wilayah yang sama.Sehingga teori-teori lama seperti Invasi Kaum Arya di anak benua India dan sebagainya tergugurkan sudah.Termasuk juga teori tentang Hindu sebagai kepercayaan impor sebagaimana kepercayaan lainnya di Kepulauan Nusantara.(hal 30).

3.Sebutan Kaum Arya adalah berdasarkan kualitas diri.Ini bahkan terdapat di kitab Budha,Dammapada.Sama seperti gentlemen saat ini yang mana diperoleh saat memiliki kualitas diri berani,bertanggung jawab dsb.

4.Dalam Weda pembagian strata sosial berdasarkan warna.Karena profesi bukan keturunan atau kasta.Tiada warna yang lebih rendah dari yang lainnya.

5.Peradaban Sindhu ,Sintuh,Hindu ,Indo,India adalah pemujaan kepada shakti.Aspek feminim.Kata Siwa,huruf I mengandung shakti.Tanpa shakti,Siwa adalah swa atau sawa atau mati.(Bahkan dalam lontor-lontar di Bali lebih dominan sebenarnya pemujaan kepada shakti.Entah mengapa semakin kesini menjadi pemukaan lebih dominan kepada para dewa,aspek maskulin.-penjelasan tambahan saya)

6.Salam Om swastyastu,namaskar ,namaste ,rahayu dengan sikap tangan didada memiliki makna yang sangat dalam.

7.Peradaban Sindu,sintu,Hindu ini melahirkan seorang ahli ,Bapak Ahli Medis yaitu Charaka.Beliau membuat karya besar Charaka Samhita abad ke-5 SM ,Sehingga beliau lebih pantas disebut bapak Ahli medis bukannya Hippocrates(460-377 SM).Kemudian ada bapak ahli bedah yaitu Susshruta abad ke-6 SM .Beliau membuat karya Sushruta Samhita yang merupakan kumpulan catatan pertama tentang bedah,penanganan katarak dan plastic surgery.

8.Tentang ilmu irama kuno yang dipakai pada lagu-lagu bollywood(lupa namanya,dan tidak ada di buku).Sehingga lagu-lagu bollywood membuat yang mendengar ada semacam"vibrasi keceriaan"bahkan dalam lagu sedih bollywoodpun mengandung harapan.(kurang lebih demikian).

9.Pusat studi bahasa Sanskerta bukan di India saat ini melainkan di Jerman.
Sebenarnya ada lagi sedikit ,berhubung tidak mencatat dan belum selesai baca bukunya,jadi sementara itu saja.

Saat berda dekat bersama Anand Krisna,beliau adalah orang yang biasa saja sangat manusiawi.Kadang begitu ilahi.Anand Kisna memang misterius

Bahagia sekarang ,nanti dan selamanya.🙏

Komentar

Postingan Populer