Teknik Meditasi yang Aman

Selamat Pagi
Semoga dalam keadaan bahagia dan sehat senantiasa.
Beberapa bulan ini begitu banyak pemahaman yang diperoleh tentang kebijaksanaan hidup.Mendapat berkah mempelajari berbagai tehknik tentang meditasi.Baik dari yang sangat tradisional dan kuno maupun modern.Dari Luar daerah/internasional serta dari lokal Indonesia,khususnya Bali.

Baiklah,ini saya dapat dari seorang Master Yoga Indonesia yang menguasai banyak tehknik meditasi.Selamat membaca.

TEKNIK PALING MUDAH ADALAH TEKNIK HAMSA ATAU PRANAYAMA BAYI

Hamsa atau metoda yang secara umum dikenal sebagai Pranayama Bayi (Baby Pranayama) adalah metoda yang paling mudah dan paling aman dari semuanya.

Telah diketahui bahwa binatang-binatang yang waktu bernafasnya lebih panjang (waktu untuk satu kali penarikan dan pengeluaran nafas) hidup lebih lama. Sementara binatang-binatang yang menggunakan waktu lebih pendek untuk bernafas, hidup lebih singkat. Juga menarik sekali untuk diperhatikan bahwa karakter dan kesehatan seseorang merupakan refleksi yang tepat dari pola bernafasnya.

Umumnya orang yang bernafas pendek-pendek adalah lemah, nervous dan sangat tidak dapat diandalkan. Sementara mereka yang bernafas panjang-panjang dan dalam biasanya dapat dipercaya, merupakan orang yang berbahagia. Ketika seseorang teragitasi, pola bernafasnya berobah dengan cepat, karena gerak nafasnya semakin singkat. Bila seseorang mengembangkan pemikiran-pemikiran sublim dalam dirinya, pola nafasnya akan semakin panjang.

Ribuan tahun yang lalu, Para Mahareshi, (yang adalah) para ilmuwan besar dari agama Hindu telah menemukan bahwa aliran hidup (vital current) dalam badan yang disebut "Prana." Mereka juga menemukan bahwa ada hubungan yang dekat antara nafas dan Prana, Prana dan ide (gagasan, thought ), ide dengan pikiran (mind).

Singkatnya, mereka menemukan bahwa Prana tersambungkan (interconected) dengan seluruh mekanisme badan, dan mereka menciptakan sistem latihan yang disebut Pranayama. Seperti telah kukatakan kepadamu sebelumnya, Pranayama adalah metoda yang paling ilmiah untuk mengendalikan aliran hidup dalam badan.

Hamsa secara literal berarti angsa - burung-burung putih yang sangat indah berenang di danau yang sunyi. Dalam agama Hindu, angsa juga merupakan simbul dari kemurnian dan ketenangan. Dalam metoda ini seseorang secara tidak langsung mengucapkan Mantra "Sah-Aham," artinya "Dia adalah aku." Juga berharga untuk diperhatikan bahwa ketika seorang menarik nafas ia membuat suara "Ham" atau "Aham." Ketika mengeluarkan nafas ia membuat suara "Sa" atau "Sah". Sekarang mari kembali ke pokok bahasan.

Metoda Hamsa adalah metoda memperhatikan nafas masuk dan nafas keluar tanpa mencampurinya dengan ritme bernafas. Metoda ini sangat sederhana. Engkau bisa duduk, berdiri atau berbaring dalam posisi apapun yang kamu kehendaki. Engkau dapat melakukan ini setiap waktu siang maupun malam. Engkau dapat melakukan ini dimanapun. Engkau dapat melakukan ini selama yang engkau inginkan. Sebelum mengikuti metoda ini, bila bisa membantu, engkau bisa saja melakukan latihan-latihan bernafas dalam-dalam untuk merangsang "bernafas berirama" (rhythmic breathing) dalam sistemmu untuk lima atau sepuluh menit.

Sekarang mari kujelaskan secara lebih rinci mengenai metoda Hamsa yang sebenarnya. Perhatikan saja nafasmu yang keluar dan masuk tanpa mencampuri dengan proses bernafas, tanpa sama sekali mencoba mengontrol gerakan dada atau hidung. Bahkan jangan juga mencoba untuk merobah ritme bernafas. Katakan saja kepada dirimu, "aku hanya akan memperhatikan nafasku - aku akan merasa senang karena memperhatikan gerakan nafasku - aku akan menikmati kesenanganku memperhatikan gerak nafasku." Itu saja.

Selamat mencoba..💗

Komentar

Postingan Populer