22 Desember

Hari ini,22 Desember sosial media dipenuhi berbagai kata mutiara untuk para ibu.Berbagai ucapan dan gambar teriring doa untuk ibu. Seolah mereka baru sadar hadirnya di dunia karena ada ibu. Mereka berfoto dengan ibu tercinta atau dengan ibu anak-anaknya diiringi dengan kalimat penuh harap agar yang terbaik untuk ibu.
 
Sedikit yang berpikir tentang mengapa 22 Desember diperingati hari Ibu. Biasanya mereka hanya melakukan seremoni,mengucapkan selamat hari ibu di media sosial atau memberi kejutan hadiah untuk ibunya. Cukup sudah.
 
22 Desember bukan hanya hari ibu,tapi juga Hari Gerakan Perempuan Indonesia.Tanggal 22 Desember di tahun 1928, tepat 92 tahun yang lalu, para perempuan Indonesia justru mulai mewujudkan tekadnya dalam sebuah kongres perempuan, untuk berjuang bagi bangsanya. Berjuang bagi hak-hak perempuan di Indonesia.
 
Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, ini sebagai pengingat kesadaran berbangsa dan bernegara pada perempuan.Pemerintah Orde baru kemudian menjadikan tanggal 22 Desember untuk memaknai peran ibu secara domestik, sebagai istri yang setia, sebagai perempuan yang mengurus rumah.
 
22 Desember merupakan hari perjuangan para perempuan menuntut melawan ketidakadilan. Zaman dahulu kaum perempuan mengalami banyak penindasan. Ketidaksetaraan gender.

Selamat Hari Ibu dan Selamat Hari Gerakan Perempuan Indonesia.

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer