Sajana

 

Selamat malam.Selamat Hari Natal.Selamat Hari Jumat dan Rahajeng Kajengkliwon.

Sudah lama melihat buku "Sajana"di beranda Facebook. Penasaran,apakah buku novel atau catatan tentang kopi? Kecendrungan dugaan 80% menduga ini novel.Tentu saja tentang kopi.Tibalah prapesan di buka. Tanpa menunggu lama ikut mengapresiasi terbitnya buku ini.

Buku diterima tanggal 23 Nopember 2020. Novel Sajana,Negeri Seribu Kopi ditulis oleh remaja putri,Key.Key Luviana.Cetakan pertama November 2020.Buku dengan tebal 510 halaman,13x20 cm.

Buku novel ini lama habis dibaca sampai halaman terakhir. Ini karena ada banyak kesibukan sehingga waktu membaca novel berkurang drastis.

Novel ini mengisahkan persahabatan Pandawa Lima. Lima sekawan.Tempat kejadian banyak di NusaKoffie,sebuah kedai kopi.

 Dalam novel ada peristiwa masa kini dan masa lalu.Daru Dwipradipta menulis cerita ini.Daru merupakan bagian dari Pandawa Lima.Bumi merupakan tokoh cerita yang banyak disorot.

Bumi,berasal dari Panti Asuhan Dharmabhakti ,Bali. Ia melanjutkan belajar di AKSEN,Jogja.Kuliah seni. Bumi memiliki keterbatasan fisik,memiliki satu tangan.

Cerita awal tak banyak konflik. Datar. Banyak berkisah di Nusakoffie. Perjalanan keliling nusantara. Tak banyak yang diceritakan. Hingga menciptakan nama brand kopi,Sajana.Dari bahasa sanskerta yang berarti kebijaksanaan.

Kisah kedekatan Bumi dan Menik Nastiti. Tentang Bumi ikut kontes kopi. Interaksi Bumi,Amsal dari Papua,Carla,Juan,Pak Dhe pengusaha kopi dan Sam. Perpisahan Bumi dan Menik Nastiti serta perjuanngan Pandawa Lima.

Novel Sajana  ,selesai dibaca tanggal 23 Desember 2020. Lanjut baca Novel Tabula Rasa yang habis dibaca sehari.Karena,ada waktu senggang.

Ada kesamaan tokoh Tabula Rasa dan Sajana. Ada tokoh yang dissabilitas,tak memiliki tangan lengkap. Novel Tabula rasa,keren.Nanti diceritakan di lain tulisan.


Komentar

Postingan Populer