Level Kesadaran

Sebenarnya dari dulu ingin menulis tentang kesadaran.Hanya saja baru sekarang bisa dituangkan dalam tulisan.

Tingkat kesadaran yang saya bagi adalah sebuah pemikiran yang keluar dari sebuah buku yang disebut Power vs Force : An Anatomy Of Consciousness, The Hidden Determinants of Human Behavior. Hasil riset selama 20 tahun yang dikaji oleh David R. Hawkins, M.D., Ph.D.Buku itu sebenarnya merupakan produk dari bangku perkuliahan( Disertasi untuk memperoleh suatu gelar).Merupakan karya ilmiah.Kemudian ditulis ulang agar bisa dinikmati oleh publik.Walaupun akan ada jejak-jejak bahasa ilmiah yang kadang kurang asyik dinikmati.

Skala Hawkin bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.Untuk mengetahui pada level kesadaran dimana kita berada.Yang tentu saja level kesadaran tidak tetap.Ia berubah.Dinamis.

Apa Definisi Kesadaran Sebenarnya?
Menjadi sadar adalah lebih dari sekedar waspada secara fisik tapi juga lebih dari sekedar menyadari. Kesadaran mengacu pada suatu keadaan untuk memahami semua aspek mental, emosional, dan spiritual dari diri kita sendiri. Untuk menjadi sadar, dengan cara mampu memahami pikiran seseorang, emosi, keberadaan sendiri, perasaan, dan lingkungan sekitar.

Kesadaran kita sebenarnya sama dengan cara pandang yang kita gunakan untuk melihat realitas. Persepsi, keyakinan, pola pikir, dan nilai-nilai yang kita pegang sekarang adalah hasil dari kesadaran yang kita jalankan. Setiap kali kita mengalami pergeseran dalam kesadaran kita karena sebuah pencerahan baru, atau realisasi batin, kita sebenarnya melepaskan diri dari kesadaran lama kita. Sebagai hasilnya, kita memperoleh pembelajaran baru dan sikap lebih dewasa.

Level Kesadaran
Hawkin mebagi tabel kesadaran menjadi 2 yaitu Force(Getaran negatif) dan Power(Getaran Positif).Semakin ke atas level energinya semakin baik(wilayah Power).Ada 17 tingkatan level kesadaran.Energi Force paling bawah adalah rasa malu(Energinya 1-.20)Sedangkan Level tertinggi pencerahan (energinya 700-1000).

Bangga (175)menurut tabel Hawkin masih bersifat force.Bangga itu menghina orang lain,merendahkan orang lain.Mungkin bersinomin dengan sombong.

Yang meruapan Pertengahan,walau sudah masuk Power adalah Keberanian (200).Emosinya afirmasi,penegasan.

Dimana tingkat kesadaran Anda?
 Jadi untuk lengkapnya bisa carilah di google tabel level kesadaran Hawkin.
Ingat kesadaran bisa berubah,bergeser bergandung sudut pandang batin dan keyakinan.Dan ini bukan untuk menghakimi orang lain,namun sebagai refleksi diri.

tapi ada yang tak berubah.......
cintaku padamu,..huehehe cieee 

Komentar

Postingan Populer