Dunia Kafka


 

Dalam beberapa hari,akhirnya Novel "Dunia Kafka"karya penulis Jepang Haruki Murakami telah selesai dibaca.Seperti biasa bahasa dalam novel ini sederhana,kalimat mudah dipahami,penggambaran situasi sangat menarik dan tentu saja alur cerita metafisik yang berkelok-kelok serta penuh teka-teki.Tidak ada batasan yang jelas antara realita, khayalan dan dunia mimpi. Murakami seakan secara spontan menuliskan imajinasinya tanpa filtrasi

Novel Kafka on the Shore pertama kali diterbitkan pada tahun 2002. Novel Kafka on the Shore diterjemahkan ke Bahasa Inggris pada tahun 2005, dan berhasil masuk ke dalam daftar “the 10 Best Books of 2005” dari the New York Times, juga mendapat Penghargaan Fantasi Dunia untuk tahun 2006.

Cerita dibuat dalam dua alur yang terpisah yang kemudian saling bertaut di akhir cerita walaupun dua tokoh utama Kafka Tamura dan Nakata dalam dua alur cerita tersebut tidak pernah bertemu.

Kafka Tamura merupakan seorang remaja laki-laki yang melarikan diri dari rumah. Ia melarikan diri dari rumah untuk menghindari ramalan sang ayah yang mengerikan, sekaligus untuk mencari saudara perempuan dan ibunya yang telah lama hilang.Tinggal di sebuah perpustakaan. Kafka Tamura merupakan sebuah gambaran berbeda dari sosok Oedipus, seorang Raja thebes yang menikahi ibunya sendiri.Membunuh ayahnya.Bahkan meniduri kakaknya,walau dalam mimpi.

Nakata merupakan seorang yang sudah tua dan bodoh, yang diketahui sebagai bayangan atau wujud semu dari Kafka. Nakata diketahui tidak pernah pulih dari penderitaan yang ia alami pada masa perang. Nakata memiliki ketertarikan kepada Kafka, karena alasan yang tidak bisa ia pahami.Nakata memiliki kelebihan bisa berbicara dengan kucing. Ia bahkan menjadi juru pencari kucing yang hilang.

Novel Kafka on the Shore terbagi menjadi dua plot cerita yang menceritakan secara khusus perjalanan masing-masing tokoh, Kafka dan Nakata. Kedua plot cerita ini berdiri sendiri-sendiri, tetapi keduanya saling terhubung.

Novel ini seperti biasa cukup tebal. 597 halaman.Buku yang aku punya terbitan PT Pustaka Alvabet cetakan 3,Maret 2016 .

Novel Dunia Kafka tidak cocok untuk anak-anak karena ada adegan seksual yang detail,serta pembunuhan brutal.


Sumber foto: japantimes.co.jp


Komentar

Postingan Populer