Sekolah Jam 5 Pagi

 Kebijakan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi sorotan warga net sebab,aturan masuk sekolah yang tak biasa. Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat mengeluarkan aturan masuk jam 5 pagi untuk siswa sederajat SMA. Menurut Viktor kebijakan itu diambil untuk "memperbaiki"kualitas Sumber Daya Manusia di NTT.

Kebijakan ini menimbulkan pertanyaan besar di publik. Apa dasar kebijakan tersebut? Setiap kebijakan yang diambil perlu ada dasar "riset". Sebuah kebijakan tentu akan mempengaruhi semua hal. Siswa yang masuk jam 5 pagi akan mengubah tidak hanya kebiasaan siswa sendiri. Kebiasaan orang tua berubah,tukang sayur,jam buka pasar berubah. Karena ,untuk masuk sekolah ibu-bu menyiapkan sarapan lebih awal. Adakah tukang sayur jam 4 pagi ? Juga ,ayah yang mengantar anaknya harus juga bangun pagi.Siswa juga berkurang jam tidurnya. Apakah jam tidur yang berkurang mempengaruhi kesehatan siswa ?

Dengan masuk jam 5 pagi,bisakah membuat siswa disiplin ? memperbaiki mutu pendidikan ?

Yang lebih penting diperhatikan serta dibenahi adalah muatan kurikulum,tata cara belajar mengajar atau tata cara pengajaran guru pada siswa bukan pada jam berapa siswa itu harus masuk sekolah.



Komentar

Postingan Populer