Apa itu Realitas ?


 

Saat membersihkan rak buku menemukan kembali bacaan yang lama. Ada kesenangan tersendiri ketika menyentuh buku-buku. Mencari buku "God Delution" karya Richard Dawkins,dan mencari lagi karya yang lainnya. Buka aplikasi "kuning" menelusuri buku karya Richard Dawkins yang lain. Pilihan jatuh pada "The Magic of Reality",Sihir Realitas. 

Buku ini cukup tipis,200 hlm. Terbitan bulan Pebruari 2023,cetakan kedua.Tentu saja dari penerbit KPG Gramedia.

Sihir Realitas terdiri dari 12 bagian pembahasan. Tentang teka-teki sains.Membahas tentang apa itu realitas,apa itu sihir,siapa manusia pertama,apa itu matahari,pelangi dan lainnya. 

Pertama Dwaikins akan memaparkan jawaban dari segi cerita atau dongeng-dongeng kuno.Selanjutnya dibahas secara sains. Tadi siang membuka segel buku dan membaca secara santai. Baru dibaca sampai 3 teka-teki fenomena alam. Tentang realitas,sihir dan siapa manusia pertama. 

Realitas adalah segala sesuatu yang ada.Kelihatan gamblang ya? sebenarnya tidak demikian.Bagaimana dengan dinosaurus yang pernah ada,tapi sekarang tak ada lagi ? Bagaimana dengan bintang-bintang yang jauh disana ?

Kita bisa mengetahui apa yang nyata dengan tiga cara. Dengan deteksi langsung melalui indra kita,atau secara tidak langsung dengan bantuan alat khusus misal teleskop atau mikroskop atau secara lebih tidak langsung lagi dengan menciptakan model mengenai apa yang mungkin nyata dan kemudian menguji model itu untuk melihat apakah modelnya berhasil memperkirakan hal-hal yang bisa kita lihat (atau dengar) dengan atau tanpa bantuan alat. Pada akhirnya ,semua kembali ke indra-indra kita.

Banyak hal yang selama ini masih tanda tanya  terjawab dengan sains. 

Siapa Manusia pertama ? Di buku ini dipaparkan terlebih dahulu jawaban dari cerita-cerita kuno. Dari mitologi. Baru kemudian dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami secara sains.

Buku ini cocok untuk orang awan tentang sains,untuk para remaja. Dawkins menjelaskan dengan bahasa yang sederhana tidak njelimet,mudah dipahami. Ini buku keren.

Ini buku sains yang selama ini dicari-cari.

Komentar

Postingan Populer