Cara Menghentikan Waktu


 Beberapa hari ini melakukan aktivitas membersihkan dan merapikan rak buku. Ada perasaan senang ketika melihat dan menyentuh koleksi buku. Buku-buku yang sudah dibaca atau buku yang masih segel belum sempat dibaca. Menaruh buku dengan tempat yang tidak sama,agar buku bisa merasakan tempat yang berbeda.

Buku novel "How To Stop Time"karya penulis Inggris Matt Haig sempat tersendat lama dibaca. Dapat di unggah di "Facebook". 

Di awal cerita tidak menarik.Datar. Mengkin juga karena kelelahan dengan aktivitas harian. Tapi,sepertinya tidak. Akhirnya,diselingi dengan bersih-bersih rak buku. Membaca buku yang lama,sesuai intuisi. Mengenang buku-buku yang sudah dimiliki. Dan tentu saja rasa syukur sudah memiliki buku-buku. 

Tom Hazard, bisa jadi hanya seorang pria berusia 40-an di mata murid dan rekan kerjanya, tetapi umurnya sesungguhnya adalah 439 tahun. Tom melewati beratus tahun usianya dengan bersembunyi dan berpindah tempat agar tidak ada yang curiga dengan kondisinya. Anageria. Begitu seorang dokter menyebutnya.

"Jangan jatuh cinta," itulah aturan pertama yang ditekankan Hendrich kepada Tom Hazard pada pertemuan yang terjadi lebih dari seabad lalu. Sebuah aturan yang terasa aneh, tetapi itu adalah aturan yang sangat penting mengingat kehidupan Tom, sama seperti Hendrich, berbeda dari orang kebanyakan. Tom menua lebih lama ketimbang orang biasa.

Sudah hidup selama lebih dari empat abad, jelas ia paham betul rasanya hidup di berbagai zaman. Bahkan Tom mengenal beberapa sosok legendaris, seperti William Shakespeare, Scott Fitzgeralad, dan Charlie Chaplin di masa lalu. Bukan sekadar mengenal biasa, tapi terlibat langsung berinteraksi dan melakukan pertunjukan bersama mereka.

Novel ini memiliki alur maju dan mundur. Kisah masa lalu dan sekarang. Kisah sekarang Tom menjadi guru sejarah. Tom tergabung dalam masyarakat Albatros menunaikan berbagai tugas. Adapun aturan pertama,"Jangan jatuh cinta"

Bagaimana menghentikan waktu ?

Di petengahan novel disinggung "menghentikan waktu" dengan mendengarkan musik dan berciuman. Kecepatan membaca novel ini lambat. Karena penasaran dan komitmen mengahabiskan membaca akhirnya bisa menikmati alur cerita. Dan di halaman terakhir ada kalimat kunci jawaban dari penasaran.

Aku mengerti bahwa cara menghentikan waktu adalah dengan berhenti dikuasai olehnya. Aku tidak lagi tenggelam dalam masa laluku ,atau takut terhadap masa depanku. Bagaimana mungkin ? Masa depan adalah kau.

Baiklah lanjut buka segel "The Midnight Library" karya Matt Haig.

Komentar

Postingan Populer