Pembaca adalah seorang Yogi

Aktivitas membaca dimulai dari pemaknaan akan simbol-simbol huruf.Sebenarnya prosesnya kompleks untuk sampai bisa membaca sebuah tulisan atau bacaan.Sebuah kalimat bisa saja menjadi penghubung kebijaksanaan yang terkubur dalam sanubari.

Membaca bisa menjadi sebuah yoga.Kegiatan menghubungkan diri dengan ilahi.Membaca adalah sebuah ritual yang sakral.

Tak heran,para leluhur dulu memilih waktu dan tempat membaca atau "nyastra" secara khusus.Memperlakukan buku /Lontar dengan penuh penghormatan.Karena percaya membaca adalah penghubung dengan segala sumber pengetahuan bahkan kebijaksanaan yang tersimpan di bawah sadar.

Setiap tindakan memang diawali dengan niat.

Pertama

Jika diawal pertama niat membaca buku sudah menempatkan diri sebagai orang yanh tidak tau dan hendak menggunakan segala informasi dalam buku sebagai pengisi kosongnya gudang pengetahuan.Maka demikianlah jadinya.Jika diawal ,menempatkan buku sebagai sinar yang akan membuat kita melihat pengetahuan yang selama tersembunyi dalam diri,maka besar kemungkinan kita akan mendapat banyak wawasan yang memang benar-benar dibutuhkan untuk menjadikan hidup lebih baik.

Kedua,
Untuk menjadikan lebih terhubung dengan kebijaksanaan yang ada dalam diri,maka perlu pengondisian tubuh dan pikiran sehingga mendukung niatan awal membaca.

*bersambung

Komentar

Postingan Populer