Menyingkap Tabir

...Diberkatilah segala panca indera dan kesadaran tertinggiku untuk terbuka dalam mempelajari dan memahami berbagai pengetahuan yang selama ini disamarkan dan disembunyikan oleh dunia dariku...

Penggalan kalimat diatas adalah sebuah doa/permohonan ataupun harapan dan apapun sebutannya yang saya ambil dari buku sihir.Dan untuk kali ini saya ingin berbagi pemahaman bukan tentang sihir.Namun tentang 'Meditasi".

Ini kesempatan yang baik di malam bulan purnama.Dimana saat ini merupakan saat yang bertuah.Jadi mulai saja pembahasan tentang meditasi.

Meditasi atau bahasa Buddih Jhana.Bahasa Sanskerta Dhyana.Sudah banyak penjelasan meditasi dari berbagai buku dan guru.Hanya saja banyak yang jauh dari makna sebenarnya.Bahkan cenderung kacau.Seperti kita mempelajari sesuatu maka kita harus belajar dari ahlinya.Yang benar dan tidak menyesatkan.

Lalu yang lain salah?sesat?

Sebenarnya pemahaman itu berubah atau berkembang.Kadang pemahaman sekarang berbeda dari sebelumnya.Dan tiap orang melewatinya.Hanya saja ini hanya untuk diri kita sendiri.Jika digunakan untuk orang lain ,maka akan mencap orang lain salah dan kita benar.

Jadi kalau sudah waktunya kita akan sampai pada pemahaman yang lain dari sebelummnya.
Oh ya,kembali dari kata 'Meditasi".Karena ini sebuah kata asing.Maka kita perlu mepelajari dari sumbernya.Dan tentu saja jika berbeda dari yang tertulis,tidak masalah.

Meditasi atau Dhyana kalau dalam "Astangga Yoga"karya Marsi Patanjali berada di urutan 7 sebelum Samadhi.Kali ini tidak akan membahas astangga yoga secara terperinci.Meditasi itu bukan duduk diam dengan pustur asana/sikap tertentu.Meditasi adalah sebuah kondisi.Berbagai latihan-latihan.Berbagai asana,ritual dan sebagainya adalah alat untuk mencapai kondisi meditasi.

Dalam buku-buku Anand Krishna berulang kali disebutkan arti meditasi.Begitu juga apa yang disampaikan para Master sebelumnya.Para yogi yang ahli di bidang meditasi.Jadi bukan hanya yang sekadar copypaste di buku-buku yang sumbernya tidak dari yang sebenarnya.

Meditasi itu pelampauan pikiran.Kondisi Nomind.Istilah para Master.

Ok selamat malam.Selamat berlatih.

Komentar

Postingan Populer