Malam Kliwon

Manusia secara alami mencari kebahagiaan dan menghindari penderitaan.Kita berusaha mati-matian mengejar kebahagiaan.Namun tanpa sadar menuju penderitaan.Pada ujungnya rasa sakit,kekecewaan,ketidakpuasan yang merupakan anak-anak penderitaan.

Ini merupakan dorongan alamiah setiap manusia,terus mengejar kebahagiaan.Menaruh kebahagiaan di depan.Sehingga senantiasa terus bergerak meraihnya.Mengejar objek yang kita kira kebahagiaan.

Berpindah dari objek yang satu ke objek yang lainnya.Saat mendapatkan objek tersebut,bukan selesai urusan.Kita berpindah ke objek lainnya.

Kita mengejar kebahagiaan,tanpa sadar sedang menuju penderitaan.Mendapatkan apa yang kita hindari.Kita tolak.

Kita bahkan rela menukarkan apa yang sudah kita miliki dengan definisi kebahagiaan yang kita pahami.
Kita bekerja keras mencari uang dengan harapan uang bisa memberi kita kebahagiaan.Kita menukar uang dengan waktu.Waktu bersama keluarga,tenaga,pikiran,kesehatan,bahkan waktu membaca dan merenung.Begitu banyak pengorbanan kita.

Kita habiskan waktu mengejar kebahagiaan.Mengejar kenyamanan.Berputar-putar mencari objek yang memberi rasa aman.

Menaruh rasa aman di jabatan.Deposito di bank.Mendapat gelar sarjana.Dan lain sebagainya.Setelah mendapat itu apakah hidup kita merasa aman?bahagia?mungkin bisa.Namun sementara.

Sampai akhirnya kita tak bisa menghindari yang namanya kematian.

Jika kamu mampu menemukan ada sesuatu hal yang bisa membuatmu bebas dari "kematian"......Artinya kamu menemukan sesuatu yang kamu cari !

#Malam #AnggaraKasih #Tambir #KajengKliwon

**Walau aku bangun tengah malam,aku bukan pendoa.Aku hanya pekerja malam, menggali lubuk hatiku...

Komentar

Postingan Populer