Belahan jiwa

Pemahaman itu dinamis.Ia bergerak semakin dalam.Atau bergerak tak tentu arah.Sering pemahaman sekarang bertolak belakang dengan apa yang sudah diketahui sebelumnya.Ini bukan tentang benar atau salah.Lebih kepada sudah tepatkah pemahaman dengan tujuan?

Dan ijinkan intuisi memilih.Menuntun.Engkau akan bergerak di jalur yang tepat.

Belahan jiwa dimulai dari legenda tua Yunani.Jiwa pada awalnya utuh dan komplit.Kemudian sekelompok makhluk setengah dewa membelah jiwa manusia.Dari sana Plato membuat istilah belahan jiwa.

Sehingga manusia merasakan ada yang kurang.Ada yang kurang utuh.Merasakan ada yang kurang dari dalam sini.Bagian yang kurang itu dicari pelengkapnya di luar.

Istilah Asli Yunani adalah Anima-Animus.Pria merasa wanita bisa jadi belahan jiwanya.Wanita merasa ada bagian dirinya yang terdapat pada pria.Meningkatnya ketidakpuasan.Perceraian dimana-mana menjadikan pertanyaan renungan,apakah ini benar?

Dengan tidak bermaksud menghakimi teori plato.Benar atau salah.Atau kekeliruan teori Plato tentang belahan jiwa.Para sahabat,guru dan Master yang berjumpa cahaya di dalam diri,memiliki satu ciri yang serupa yakni hidupnya sangat berkecukupan.Entah material atau spiritual.Semua diberi judul sama "cukup".Setelah cukup berhenti mencari mulai menggali.

🙏🙏

#Pagi #Semoga harimu menggembirakan

Komentar

Postingan Populer