Rahasia sehat Dalang

Dari kecil saya menggemari pertunjukan wayang.Bahkan dulu pernah pura-pura menjadi mendalang dengan daun sebagai tokoh wayang.Sempat juga memiliki beberapa tokoh wayang yang dibuat dari kertas bergambar ala kadarnya.

Kisah wayang  kulit biasanya tidak jauh - jauh dari Epos Ramayana atau Mahabharata.

Namun sekarang hanya sedikit dari kisah itihasa tersebut yang diangkat dalam pagelaran wayang.Lebih banyak dari kehidupan sehari-hari serta disertai lawakan.Tentu saja tetap mengandung hikmah atau makna disetiap pertunjukan.

Pagelaran wayang digelar saat tertentu saja.Sebagai pelengkap dalam upacara keagamaan.Karna setelah selesai pertunjukan akan ada proses pembersihan atau "penglukatan".Pembersihan lahir batin.

Ada sesuatu yang saya perhatikan berkaitan dengan sang dalang.Oranf yang menggerakkan wayang.Betapa tidak dari beberapa generasi sang dalang yang sering "pentas" di tempat saya memiliki tubuh yang awet.Tetap kelihatan secara fisik seperti dulu.

Tadi sebelum tampil melakukan pertunjukan saya sempat memberanikan diri untuk menanyai "resep awet muda".

Berikut beberapa ringkasan tulisan hasil wawancara dengan sang dalang.(tentu saja sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia)

T: "Apa rahasia awet muda anda?"
J: " Begini,sakit atau berawal dari pikiran dan makanan"

T:"Mohon penjelasan lebih lengkap"
J:"Pikiran yang tenang mampu menghasilkan kesehatan atau mempengaruhi tubuh fisik.Saat marah tekanan darah berubah,nafas juga demikian.Saat pikiran ruwet akan menghasilkan tubuh yang rentan sakit."

T:" Lalu bagaimana yang dimaksud pikiran yang tenang?"
J:" Yang mampu menerima.Hidup di dunia tidak lepas dari rwa bhineda.Suka duka tidak bisa dihindari.Tiada lain selain menerima.Bekal hidup suka duka lara pati tidak bisa ditolak atau dikejar.Terima,terima sebagai sebuah keniscayaan.

T:"Bagaimana dengan pola makan ,apakah anda vegetarian atau berpantangan makanan tertentu?"
J:"Saya tidak vegetarian.Saya makan daging.Yang saya hindari makanan yang pedas dan manis".(sambil makan sirih)

*cut

*Masih banyak yang ingin di share sang dalang.Karena akan segera tampil melakukan "tugas dalang" sehingga percakapan di sudahi.

Terima kasih
#3Sasih #Nia

Komentar

Postingan Populer